Resumen del libro Start with Why de Simon Sinek

Nuevamente les traigo un resumen de una interesante obra de Sinek, algunos creerán que su charla de TED sería suficiente, pero es bueno contextualizar también con el contenido de su obra. Los líderes…

Smartphone

独家优惠奖金 100% 高达 1 BTC + 180 免费旋转




Alasan Sepakat Bandung Sebagai Salah satu Kota Terkotor di Jawa Barat

ilustrasi. aliran sungai kotor (Istimewa)

KETUA Forum Bandung Sehat, Siti Muntamah Danial secara mengejutkan menyebut bahwa Kota Bandung adalah kota keempat terkotor di Jawa Barat.

Hal itu diungkapkan Umi -sapaan akrabnya- lantaran angka bebas buang tinja sembarangan di Kota Kembang masih sangat rendah.

Bahkan, dikatakanya setiap hari ada 25,5 ton tinja yang dibuang langsung ke Sungai Citarum. Umi menyebut masyarakat Kota Bandung masih sangat minim memiliki septictank sendiri (1).

Sebagai warga yang tinggal di Kawasan Cibeunying dan bisa disebut kawasan padat Kota Bandung tentu saya sepakat dengan yang disampaikan Umi.

Pernyataan yang cukup membuat ramai kota yang sedang giat-giatya mendukung program Citarum Harum ini setidaknya sudah mengakui bahwa masyarakatnya justru belum bisa mendukung program tersebut, minimalnya dengan tidak buang tinja ke sungai.

Umi, yang tak lain adalah istri Walikota Bandung tampaknya ingin coba memaparkan kondisi objektif Kota Bandung sekaligus memberi tamparan bahwa label Kota Bandung sebagai Creative City belum berdamapk pada prilaku sadar lingkungan bersih.

Saat saya mendengar berita ini meroket kepermukaan sebetulnya ga kaget-kaget amat. Lantaran, sekitar Januari 2019 saya sempat liputan pelantikan Forum Bandung Sehat (2), kurang lebih, apa yang disampaikan Umi ga jauh-jauh beda.

Namun yang jelas dari fenomena ini, dalam rentang Januari hingga September, Umi belum memparkan apa saja yang sudah dilakukan Forum Bandung Sehat. Atau mungkin saya yang belum tahu.

Meski begitu, pihaknya menargetkan akan terus memperbanyak septictank komunal ramah lingkungan dan target di 2020 tak ada lagi warga Bandung yang jadikan sungai sebagai jamban raksasa.

Jika masih bingung, sebetulnya Pemkot Bandung bisa ‘berguru’ ke enam kabupaten dimana pada 2018 para kabupaten ini di nobatkan jadi kota dengan sanitasi terbaik.

Enam Kabupaten tersebut yakni Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Pringsewu, Kota Semarang, Kabupaten Alor, dan Kabupaten Sleman (3).

Tampaknya, persoalan sanitasi masih jadi persoalan di kota-kota besar yah, tapi Semoga dengan melakukan study kesana angan-angan Pemkot Bandung di 2020 yang mau bebas buang tinja sembarangan bisa tercapai. Toh enam kota itu juga masih di Indonesia, ke Arab aja bisa massa beginian ga bisa . Eh

Add a comment

Related posts:

How to Use a Hardware Wallet with Neuron

This tutorial will help you to connect your hardware wallet to Neuron, and manage your assets on Nervos CKB.

Be Curious About What Scares You

My daily life was dimming my light, draining my creativity, and slowly killing me from the inside out. I felt boxed in. Trapped. I didn’t know why. I had everything I thought I wanted. I was…

Sean Hannity Puts His Witless Witness Skills to the Test!

His brain is like a normal human brain when removed from its host skull, danced upon, put into a washing machine and dried on high, then eaten by a platypus that later poops it out right back into…