Just Say No To Gods

Imagine growing up as a young kid in the bustling urban city of New Delhi, India, where your parents are barely able to make ends meet, but still ensure you have a happy childhood. They put you…

Smartphone

独家优惠奖金 100% 高达 1 BTC + 180 免费旋转




Bonus demografi Indonesia tahun 2020. Sudah siapkah?

Sumber daya manusia menjadi salah satu hal terpenting dalam pertumbuhan ekonomi suatu Negara. Selain untuk menjalankan roda perekonomian negara, jumalah sumber daya manusia di suatu negara akan berpengaruh pada rasio ketergantungan ekonomi. Indonesia sebagai negara yang memiliki penduduk 267 juta pada tahun 2017 (sumber: Bank Dunia, Biro Sensus Amerika Serikat) dan jumlah ini akan terus berkembang. Selain penduduk yang banyak, Indonesia juga diuntungkan dengan jumlah penduduk usia produktif yang terus naik.

Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015–2019, dinyatakan bahwa Indonesia mempunyai peluang untuk dapat menikmati ‘bonus demografi’, yaitu percepatan pertumbuhan ekonomi akibat berubahnya struktur umur penduduk yang ditandai dengan menurunnya rasio ketergantungan (dependency ratio) penduduk non-usia kerja kepada penduduk usia kerja. Di Indonesia, rasio ketergantungan telah menurun dan melewati batas di bawah 50 persen pada tahun 2012 dan mencapai titik terendah sebesar 46,9 persen antara tahun 2028 dan 2031.

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) mematok interval proyeksi penduduk Indonesia tahun 2010–2035 berdasarkan hasil Sensus Penduduk tahun 2010 (SP2010). Proyeksi ini dibuat dengan metode komponen berdasarkan asumsi tentang kecenderungan kelahiran, kematian, serta perpindahan penduduk antar provinsi yang paling mungkin terjadi selama periode 25 tahun yang akan datang.

Berdasarkan hal itu, Indonesia diprediksi akan mendapatkan Bonus Demografi atau ledakan penduduk usia produktif (15–64 tahun) dalam rentang tahun 2020–2030 mendatang. Jumlah usia produktif diperkirakan akan mencapai angka 70 persen dibandingkan dengan usia tidak produktif yang hanya sekitar 30 persen (70 persen: 30 persen).

Direktur Statistik Kependudukan dan Ketenagakerjaan, Razali Ritonga menyatakan bahwa Grand Design Pembangunan Proyeksi Penduduk(PP) memegang peranan penting bagi Pemerintah dalam membuat rencana pembangunan di segala bidang. Sedangkan, jika mengacu pada data Bappenas diproyeksikan pertambahan penduduk Indonesia sebesar 271 juta penduduk pada tahun 2020 dan secara fantastis jumlah penduduk Indonesia di tahun 2035 sebesar 305 juta.

Pada tahun 2016, proyeksi Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut rasio angka ketergantungan sebesar 48,4 persen yang menyatakan bahwa angka sebesar 48,4 persen menunjukkan bahwa setiap 100 orang usia produktif menanggung penduduk usia non produktif sekitar 48–49 orang. Jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, rasio angka ketergantungan merupakan yang paling kecil. Pada tahun 1971 lalu saja, rasio angka ketergantungan mencapai 86,8 yang berarti setiap 100 orang usia produktif menanggung penduduk usia non produktif sekitar 86–87 orang.

Angka ketergantungan penduduk pada tahun 2016 (Sumber: katadata.co.id)

Meskipun kedengarannya Indonesia sangat diuntungkan dengan bonus demografi ini, Indonesia perlu mempersiapkan banyak hal dalam rangka menyiapkan sumber daya manusia yang memadai. Karena kalau tidak, bukan tidak mungkin kalau bonus demografi ini malah menimbulkan masalah lain seperti tingkat pengangguran yang tinggi karena lahan pekerjaan yang sedikit. Pemerintah diharapkan untuk bukan hanya menyiapkan lahan pekerjaan baru tapi juga mengajak generasi usia produktif ini untuk membuka lahan pekerjaan baru sendiri.

Add a comment

Related posts:

Solving Best Time to Buy and Sell Stock Problem

This is a pretty classic algorithm question that you might encounter on any interview. Let’s take a look into the context of this problem. Let’s say you have a list of stock prices [7, 1, 3, 5, 14…

Que voltemos ao nosso solo sagrado

Era uma vez um indivíduo, Sr. Blanco, que arrancou uma planta do jardim do seu vizinho, o Sr. Pleto, simplesmente porque achava que esta seria uma boa forma de ganhar dinheiro. Ele também tinha…

What you need to know as a new writer

As a brand new writer, we often start out with the highest of ambitions. Dreams of being recognized for our hard efforts. Speaking as someone who has been in your shoes, I thought you should know…